Cara Install QMMP, Musik Player Mirip Winamp Di Ubuntu, Mint, Debian

Cara Install QMMP Di Linux Mint, Ubuntu, Debian – Winamp merupakan salah satu aplikasi pemutar musik populer di sistem Windows. Sementara untuk sistem Linux, kita dapat menggunakan aplikasi yang bernama “qmmp”. QMMP (QT-Base Multi Media Player) memiliki tampilan seperti Winamp player dan aplikasi ini memang terinspirasi dari Winamp Windows. Maka dari itu, skin Winamp dapat digunakan juga di “qmmp”. Bila anda salah satu penggemar Winamp, anda perlu mencoba aplikasi yang satu ini, qmmp berbasis “open source”. Aplikasi ini ditulis menggunakan bahasa pemrograman C++ dengan dukungan “QT Library”.

Proses install qmmp tidaklah sulit, karena aplikasi ini sudah terdapat di repository system Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Kita dapat menginstallnya melalui terminal Ubuntu, Mint atau Debian dan bila anda tidak terbiasa menggunakan terminal, anda dapat melakukan install qmmp melalui software manager distro Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Silahkan gunakan cara yang menurut anda paling mudah dan anda suka melakukannya untuk install qmmp music player di sistem Linux Mint, Ubuntu dan Debian.

Fiture Utama QMMP
  • Memiliki tampilan yang simpel dan intuitif
  • Support skin Winamp dan XMMS
  • Kaya akan berbagai plugin yang menarik
  • Support berbagai format audio, termasuk ogg Vorbis, Opus, Flac, MPEG,midi, MP3 dan lain-lainya
  • Tersedia dalam berbagai bahasa
  • Equalizer (10-band) & Virtualisasi
  • Mendukung lirik lagu( lyrics.wikia.com)
  • Mendukung “multiple playlist”
  • Konversi file audio
  • Mendukung Streaming browser
  • Deteksi otomatis “removable disk”
  • Dan masih banyak lagi fiture menarik dari pemutar musik qmmp ini, anda dapat mengunjungi alamat situs web qmmp untuk melihat fiture qmmp secara lebih lengkap (http://qmmp.ylsoftware.com/features.php)
Cara Install QMMP, Musik Player Mirip Winamp Di Ubuntu, Mint dan Debian

Paket aplikasi QMMP memang sudah tersedia di repository distro Linux Ubuntu, Mint dan Debian. Hanya saja, versi yang tersedia di repository bukan merupakan versi terbaru. Kita dapat menambahkan ppa: qmmp ke dalam sistem Linux Mint, Ubuntu dan Debian yang kita pakai untuk install qmmp versi terbaru di Linux.

QMMP dapat di gunakan pada sistem operasi Linux, FreeBSD dan Windows

1. Install qmmp tanpa menambahkan ppa: qmmp
Bila anda bukan yang suka menggunakan versi terbaru sebuah aplikasi, mungkin anda ingin menggunakan paket qmmp yang terdapat di repository sistem Linux Mint, Ubuntu dan Debian. Kita dapat install qmmp tanpa perlu manambahkan ppa. Install qmmp di Linux Mint, Ubuntu dan Debian jadi lebih mudah dan cepat. Silahkan ketik perintah teks di bawah ini pada terminal Linux Mint, Ubuntu dan Debian sesuai dengan distro Linux yang anda pakai.
Buka Terminal Ketik :
  1. sudo apt install qmmp
2. Install qmmp versi terbaru
Aplikasi versi terbaru tentu akan menghadirkan fiture baru atau perbaikan pada sistem. Bila anda ingin melakukan install qmmp di Linux Mint dan Ubuntu dengan versi yang lebih baru dari paket qmmp yang terdapat di repository sistem Linux Mint dan Ubuntu, kita dapat menambahkan ppa: qmmp ke dalam sistem Linux Mint atau Ubuntu sesuai dengan distro Linux yang anda pakai. Silahkan ketik perintah teks di bawah ini pada terminal Linux Mint, Ubuntu :
Tambahkan PPA :
Buka Terminal ketik :
  1. sudo add-apt-repository ppa:forkotov02/ppa
Lalu update repository :
Buka Terminal ketik :
  1. sudo apt update
Setelah itu install qmmp :
Buka Terminal ketik :
  1. sudo apt install qmmp qmmp-plugin-pack
Paket qmmp-plugin-pack dapat kita tambahkan untuk melengkapi plugin pada pemutar musik qmmp.

3. Menambahkan skin qmmp
Setelah selesai melakukan install qmmp, selanjutnya kita dapat menambahkan skin Winamp atau XMMS di qmmp player. Berikut ini cara menambahkan skin Winamp di QMMP :

  • Silahkan kunjungi situs web qmmp lalu lihat pada “Menu > Skin”, (http://qmmp.ylsoftware.com/files/skins/winamp-skins/)
  • Download skin Winamp yang akan anda tambahkan ke qmmp player lalu simpan di hardisk komputer
  • Jalankan qmmp player lalu masuk ke Menu Settings qmmp, “Klik kanan pada qmmp > Settings”
  • Lihat pada “Menu > Appearance > Skin”
  • Klik tombol “Add” pada sebelah kiri bawah lalu pilih Skin Winamp yang sudah anda download sebelumnya, setelah itu klik pada tombol “Open”
  • Lihat kembali pada Menu > Appearance > Skin, seharusnya terdapat skin baru untuk qmmp player yaitu skin yang baru saja anda tambahkan
Selain skin Winamp, qmmp juga memiliki skin sendiri yang bisa anda download pada situs web qmmp (http://qmmp.ylsoftware.com/files/skins/qmmp-skins/). File hasil download berupa file .zip, tak perlu ekstrak file skin qmmp, anda dapat menambahkan skin qmmp dengan cara yang sama seperti skin Winamp.

4. Memutar Musik

Cara memutar musik di qmmp player sama seperti Winamp atau pemutar musik sejenis lainnya. Pada pengaturan default, anda dapat melihat qmmp player + Plalist + Equalizer. Anda dapat menampilkan dan menyembunyikan elemen dari qmmp player melalui Menu View (Klik kanan > View).

Tidak ada komentar untuk "Cara Install QMMP, Musik Player Mirip Winamp Di Ubuntu, Mint, Debian"